(sumber gambar: robicomp.com)
Database, Data, dan Informasi
·
Database adalah Pengumpulan
data diatur dengan cara yang memungkinkan akses, pengambilan, dan penggunaan
data tersebut.
·
Data adalah Koleksi item yang
belum diproses berupa nomor ,teks,gambar,audio,video.
·
Informasi adalah Data yang
diolah beraturan, berarti, berguna.
·
Perangkat lunak basis data,
sering disebut sistem manajemen basis data (DBMS)
o
Buat database terkomputerisasi
o
Tambah, ubah, dan hapus data
o
Mengurutkan dan mengambil data
o
Buat formulir dan laporan dari
data
·
Data diatur dalam tingkatan
o
Karakter, catatan bidang, dan
file
·
Karakter adalah satu byte
o
angka, huruf, spasi, tanda
baca, atau simbol lainnya.
·
Bidang adalah kombinasi dari
satu atau lebih karakter
o
nama bidang dan ukuran bidang.
·
Rekaman adalah sekelompok
bidang terkait.
o
Kunci utama adalah bidang yang
secara unik mengidentifikasi setiap rekaman.
·
File data adalah kumpulan
catatan terkait.
·
Pemeliharaan file mengacu pada
prosedur yang menjaga data tetap terkini
o
Menambahkan catatan
o
Mengubah catatan
o
Menghapus catatan
·
Validasi membandingkan data
dengan sekumpulan aturan atau nilai untuk mengetahui apakah data tersebut
memenuhi kriteria tertentu
o
Pemeriksaan Alfabet / Numerik
o
Pemeriksaan jarak
o
Pemeriksaan konsistensi
o
Pemeriksaan kelengkapan
o
Periksa digit
o
Pemeriksaan lainnya
Sistem dan Database Pemrosesan File
·
Sistem Pemrosesan File
o
Setiap departemen memiliki
kumpulan filenya sendiri
o
Data yang berlebihan
o
Data terisolasi
·
Pendekatan Database
o
Program dan pengguna berbagi
data
o
Mengurangi redundansi data
o
Integritas data yang
ditingkatkan
o
Berbagi data
o
Akses lebih mudah
o
Mengurangi waktu pengembangan
·
Kekurangan dari pendekatan
database
o
Bisa lebih kompleks daripada
sistem pemrosesan file
o
Membutuhkan lebih banyak memori
dan daya pemrosesan
o
Data bisa lebih rentan
·
Database web menawarkan
informasi tentang:
o
Pekerjaan
o
Perjalanan
o
Tujuan
o
Pemrograman Televisi
o
Foto
o
Film
o
Video
o
Cuaca Lokal dan Nasional
o
Acara Olahraga
o
Informasi Legislatif
·
Model data menentukan bagaimana
pengguna melihat organisasi data
o
Database relasional
o
Database berorientasi objek
(DBO)
o
Multidimensi dan tipe database
lainnya
Sistem Manajemen Basis Data
·
Kamus data berisi data tentang
setiap file dalam database dan setiap bidang di file tersebut.
·
DBMS menyediakan beberapa alat
yang memungkinkan pengguna dan program untuk mengambil dan memelihara data
dalam database
o
Bahasa kueri
o
Kueri dengan contoh
o
Formulir
o
Laporan Penulis
·
Kueri adalah permintaan untuk
data tertentu dari database.
·
Bahasa kueri terdiri dari
pernyataan sederhana seperti bahasa Inggris yang memungkinkan pengguna
menentukan data untuk ditampilkan, dicetak, disimpan, diperbarui, atau dihapus.
·
Structured Query Language (SQL)
adalah bahasa kueri populer yang memungkinkan pengguna untuk mengelola,
memperbarui, dan mengambil data.
·
Sebagian besar DBMS menyertakan
kueri dengan contoh, fitur yang memiliki antarmuka pengguna grafis untuk
membantu pengguna mengambil data.
·
Formulir adalah jendela di
layar yang menyediakan area untuk memasukkan atau mengubah data dalam database.
·
Seorang penulis laporan
memungkinkan pengguna untuk mendesain laporan pada layar, mengambil data ke
dalam desain laporan, dan kemudian menampilkan atau mencetak laporan tersebut.
·
DBMS menyediakan sarana untuk
memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang mengakses data
o
Hak akses
o
Prinsip kebijakan hak istimewa
terendah
·
DBMS menyediakan berbagai
teknik untuk memulihkan database ke bentuk yang dapat digunakan jika database
rusak atau hancur
o
Cadangan
o
Utilitas pemulihan
o
Catatan
o
Pencadangan berkelanjutan
Pengembangan Sistem
·
Sistem informasi adalah kumpulan
perangkat keras, perangkat lunak, data, orang, dan prosedur yang bekerja sama
untuk menghasilkan informasi.
·
Pengembangan sistem adalah
sekumpulan kegiatan yang digunakan untuk membangun suatu sistem informasi.
o
Kegiatan pengembangan sistem
dikelompokkan menjadi beberapa fase dan disebut siklus hidup pengembangan
sistem (SHPS).
·
Pengembangan sistem harus
mengikuti tiga pedoman umum
o
Kelompokkan kegiatan menjadi
beberapa fase
o
Libatkan pengguna
o
Tentukan standar
·
Pengembangan sistem harus
melibatkan perwakilan dari setiap departemen tempat sistem yang diusulkan akan
digunakan.
·
Seorang analis sistem
bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi.
·
Manajemen proyek adalah proses
perencanaan, penjadwalan, dan kemudian mengendalikan aktivitas selama
pengembangan sistem
·
Untuk merencanakan dan
menjadwalkan proyek secara efisien, pemimpin proyek mengidentifikasi
elemen-elemen berikut:
o
Cakupan
o
Aktivitas yang dibutuhkan
o
Perkiraan waktu untuk setiap
aktivitas
o
Perkiraan biaya untuk setiap
kegiatan
o
Urutan aktivitas
o
Aktivitas yang bisa berlangsung
pada waktu yang bersamaan
·
Alat populer yang digunakan
untuk merencanakan dan menjadwalkan hubungan waktu antara kegiatan proyek
adalah bagan Gantt dan PERT.
·
Kelayakan adalah ukuran
seberapa cocok pengembangan suatu sistem untuk organisasi
o
Kelayakan operasional
o
Jadwal kelayakan
o
Kelayakan teknis
o
Kelayakan ekonomi
·
Dokumentasi adalah pengumpulan
dan peringkasan data, informasi, dan kiriman.
·
Mempertahankan dokumentasi
terbaru harus menjadi bagian berkelanjutan dari pengembangan sistem.
·
Selama pengembangan sistem,
anggota tim proyek mengumpulkan data dan informasi
o
Tinjau dokumentasi
o
Mengamati
o
Survei
o
Wawancara
o
Sesi JAD
o
Penelitian
·
Fase perencanaan sebuah proyek
dimulai ketika panitia pengarah menerima permintaan proyek
·
Empat aktivitas utama
dilakukan:
o
Tinjau dan setujui permintaan
proyek
o
Prioritaskan permintaan proyek
o
Alokasi sumber daya
o
Bentuk tim pengembangan proyek
·
Fase analisis terdiri dari dua
aktivitas utama
o
Lakukan investigasi awal
o
Lakukan analisis mendetail
·
Lakukan investigasi awal
o
Menentukan sifat sebenarnya
dari masalah atau perbaikan
o
Wawancarai pengguna yang
mengirimkan permintaan
·
Lakukan analisis mendetail
o
Pelajari bagaimana sistem saat
ini bekerja
o
Tentukan keinginan, kebutuhan,
dan persyaratan pengguna
o
Rekomendasikan solusi
·
Proposal sistem menilai
kelayakan setiap alternatif solusi
·
Komite pengarah membahas
proposal sistem dan memutuskan yang mana alternatif untuk dikejar
o
Ubah sistem yang ada
o
Beli perangkat lunak eceran
o
Gunakan aplikasi web
o
Bangun Perangkat Lunak Kustom
o
Alih Daya
·
Fase desain terdiri dari dua
aktivitas utama
o
Dapatkan perangkat keras dan
perangkat lunak
o
Kembangkan semua detail dari
sistem informasi baru atau yang dimodifikasi
·
Untuk memperoleh perangkat
keras dan perangkat lunak yang diperlukan
o
Identifikasi spesifikasi teknis
o
Minta proposal vendor
o
Uji dan evaluasi proposal
vendor
o
Membuat sebuah keputusan
·
Langkah selanjutnya adalah
mengembangkan spesifikasi desain terperinci
o
Desain database
o
Desain input dan output
o
Desain program
·
Analis sistem biasanya
mengembangkan dua jenis desain untuk setiap masukan dan keluaran
o
Maket
o
Bagan tata letak
·
Prototipe (bukti konsep) adalah
model kerja dari fungsionalitas penting sistem yang diusulkan
·
Tujuan dari tahap implementasi
adalah untuk membangun sistem baru atau yang dimodifikasi dan kemudian
mengirimkannya ke pengguna
o
Kembangkan program dan aplikasi
o
Instal dan uji sistem baru
o
Latih pengguna
o
Ubah ke sistem baru
·
Berbagai pengujian harus
dilakukan pada sistem baru
o
Tes unit
§ memverifikasi bahwa setiap program atau objek bekerja dengan
sendirinya
o
Pengujian sistem
§ memverifikasi bahwa semua program dalam aplikasi bekerja sama dengan
baik
o
Uji integrasi
§ memverifikasi bahwa suatu aplikasi berfungsi dengan aplikasi lain
o
Memeriksa sistem baru
§ untuk memastikannya berfungsi data actual
·
Pelatihan melibatkan
menunjukkan kepada pengguna secara tepat bagaimana mereka akan menggunakan
perangkat keras dan perangkat lunak baru dalam sistem
o
Sesi satu lawan satu
o
Ceramah bergaya kelas
o
Pelatihan berbasis web
·
Satu atau lebih dari empat
strategi konversi dapat digunakan untuk mengubah dari sistem lama ke sistem
baru
o
Konversi langsung
o
Konversi paralel
o
Konversi bertahap
o
Konversi percontohan
·
Tujuan dari tahap support and
security adalah untuk memberikan bantuan yang berkelanjutan untuk sistem
informasi dan penggunanya setelah sistem diimplementasikan.
o
Lakukan aktivitas perawatan
>> Pantau kinerja sistem >> Nilai keamanan sistem
Bahasa dan Alat Pengembangan Aplikasi
·
Bahasa pemrograman adalah
sekumpulan kata, singkatan, dan simbol yang memungkinkan pengembang perangkat
lunak untuk mengkomunikasikan instruksi ke komputer atau perangkat seluler.
·
Alat pengembangan aplikasi
menyediakan cara untuk membuat, mendesain, mengedit, menguji, dan
mendistribusikan program dan aplikasi.
·
Dalam bahasa prosedural,
pemrogram menulis instruksi menggunakan kata-kata seperti bahasa Inggris yang
memberi tahu komputer apa yang harus diselesaikan dan bagaimana melakukannya.
·
Bahasa pemrograman C digunakan
untuk menulis banyak program hari ini.
·
Kompilator mengubah seluruh
program sumber ke bahasa mesin sebelum mengeksekusinya.
·
Seorang juru bahasa
menerjemahkan dan menjalankan satu instruksi pada satu waktu.
·
Bahasa pemrograman berorientasi
objek (OOP) memungkinkan pengembang sistem untuk mengimplementasikan objek dalam
suatu program.
o
Objek dapat digunakan kembali
o
Buat aplikasi pengembang lebih
cepat
o
Kebanyakan alat pengembangan
aplikasi berorientasi objek adalah IDE
·
Java adalah bahasa pemrograman
berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems.
·
C ++ merupakan perpanjangan
dari bahasa pemrograman C.
o
Fitur tambahan untuk bekerja
dengan objek
·
Visual Studio adalah rangkaian
alat pengembangan aplikasi berorientasi objek dari Microsoft yang membantu
pengembang perangkat lunak dalam membangun program dan aplikasi untuk Windows
atau sistem operasi apa pun yang mendukung Microsoft .NET Framework
·
4GL (bahasa generasi keempat)
adalah bahasa nonprocedural yang memungkinkan pengguna dan pengembang perangkat
lunak mengakses data dalam database
o
Salah satu 4GL yang populer adalah
SQL
·
Bahasa pemrograman klasik
meliputi:
o
DASAR
o
COBOL
o
FORTRAN
o
RPG
·
Generator aplikasi adalah
program yang membuat kode sumber atau kode mesin dari spesifikasi
fungsionalitas yang diperlukan
o
Sering digabungkan sebagai
bagian dari DBMS
·
Makro adalah serangkaian
pernyataan yang menginstruksikan program atau aplikasi tentang cara
menyelesaikan tugas
·
Anda biasanya membuat makro
dengan salah satu dari dua cara berikut:
o
Rekam makro
o
Tulis makro
·
HTML adalah bahasa pemformatan
khusus yang digunakan pengembang perangkat lunak untuk memformat dokumen untuk
ditampilkan di web.
·
XML memungkinkan pengembang web
untuk membuat tag yang menggambarkan struktur informasi
·
WML adalah bagian dari XML dan
digunakan untuk mendesain halaman khusus untuk browser mikro
·
Pengembang perangkat lunak
menulis skrip, applet, servlet, atau kontrol ActiveX menggunakan berbagai
bahasa
No comments:
Post a Comment