Database


 


(sumber gambar: robicomp.com)


Database, Data, dan Informasi

·         Database adalah Pengumpulan data diatur dengan cara yang memungkinkan akses, pengambilan, dan penggunaan data tersebut.

·         Data adalah Koleksi item yang belum diproses berupa nomor ,teks,gambar,audio,video.

·         Informasi adalah Data yang diolah beraturan, berarti, berguna.

·         Perangkat lunak basis data, sering disebut sistem manajemen basis data (DBMS)

o   Buat database terkomputerisasi

o   Tambah, ubah, dan hapus data

o   Mengurutkan dan mengambil data

o   Buat formulir dan laporan dari data

·         Data diatur dalam tingkatan

o   Karakter, catatan bidang, dan file

·         Karakter adalah satu byte

o   angka, huruf, spasi, tanda baca, atau simbol lainnya.

·         Bidang adalah kombinasi dari satu atau lebih karakter

o   nama bidang dan ukuran bidang.

·         Rekaman adalah sekelompok bidang terkait.

o   Kunci utama adalah bidang yang secara unik mengidentifikasi setiap rekaman.

·         File data adalah kumpulan catatan terkait.


 

·         Pemeliharaan file mengacu pada prosedur yang menjaga data tetap terkini

o   Menambahkan catatan

o   Mengubah catatan

o   Menghapus catatan

·         Validasi membandingkan data dengan sekumpulan aturan atau nilai untuk mengetahui apakah data tersebut memenuhi kriteria tertentu

o   Pemeriksaan Alfabet / Numerik

o   Pemeriksaan jarak

o   Pemeriksaan konsistensi

o   Pemeriksaan kelengkapan

o   Periksa digit

o   Pemeriksaan lainnya

 

Sistem dan Database Pemrosesan File

·         Sistem Pemrosesan File

o   Setiap departemen memiliki kumpulan filenya sendiri

o   Data yang berlebihan

o   Data terisolasi

·         Pendekatan Database

o   Program dan pengguna berbagi data

o   Mengurangi redundansi data

o   Integritas data yang ditingkatkan

o   Berbagi data

o   Akses lebih mudah

o   Mengurangi waktu pengembangan

·         Kekurangan dari pendekatan database

o   Bisa lebih kompleks daripada sistem pemrosesan file

o   Membutuhkan lebih banyak memori dan daya pemrosesan

o   Data bisa lebih rentan

·         Database web menawarkan informasi tentang:


o   Pekerjaan

o   Perjalanan

o   Tujuan

o   Pemrograman Televisi

o   Foto

o   Film

o   Video

o   Cuaca Lokal dan Nasional

o   Acara Olahraga

o   Informasi Legislatif


·         Model data menentukan bagaimana pengguna melihat organisasi data

o   Database relasional

o   Database berorientasi objek (DBO)

o   Multidimensi dan tipe database lainnya


 

Sistem Manajemen Basis Data

·         Kamus data berisi data tentang setiap file dalam database dan setiap bidang di file tersebut.

·         DBMS menyediakan beberapa alat yang memungkinkan pengguna dan program untuk mengambil dan memelihara data dalam database

o   Bahasa kueri

o   Kueri dengan contoh

o   Formulir

o   Laporan Penulis

·         Kueri adalah permintaan untuk data tertentu dari database.

·         Bahasa kueri terdiri dari pernyataan sederhana seperti bahasa Inggris yang memungkinkan pengguna menentukan data untuk ditampilkan, dicetak, disimpan, diperbarui, atau dihapus.

·         Structured Query Language (SQL) adalah bahasa kueri populer yang memungkinkan pengguna untuk mengelola, memperbarui, dan mengambil data.

·         Sebagian besar DBMS menyertakan kueri dengan contoh, fitur yang memiliki antarmuka pengguna grafis untuk membantu pengguna mengambil data.

·         Formulir adalah jendela di layar yang menyediakan area untuk memasukkan atau mengubah data dalam database.

·         Seorang penulis laporan memungkinkan pengguna untuk mendesain laporan pada layar, mengambil data ke dalam desain laporan, dan kemudian menampilkan atau mencetak laporan tersebut.

·         DBMS menyediakan sarana untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang mengakses data

o   Hak akses

o   Prinsip kebijakan hak istimewa terendah

·         DBMS menyediakan berbagai teknik untuk memulihkan database ke bentuk yang dapat digunakan jika database rusak atau hancur

o   Cadangan

o   Utilitas pemulihan

o   Catatan

o   Pencadangan berkelanjutan

 

Pengembangan Sistem

·         Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi.

·         Pengembangan sistem adalah sekumpulan kegiatan yang digunakan untuk membangun suatu sistem informasi.

o   Kegiatan pengembangan sistem dikelompokkan menjadi beberapa fase dan disebut siklus hidup pengembangan sistem (SHPS).

·         Pengembangan sistem harus mengikuti tiga pedoman umum

o   Kelompokkan kegiatan menjadi beberapa fase

o   Libatkan pengguna

o   Tentukan standar

·         Pengembangan sistem harus melibatkan perwakilan dari setiap departemen tempat sistem yang diusulkan akan digunakan.

·         Seorang analis sistem bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi.

·         Manajemen proyek adalah proses perencanaan, penjadwalan, dan kemudian mengendalikan aktivitas selama pengembangan sistem

·         Untuk merencanakan dan menjadwalkan proyek secara efisien, pemimpin proyek mengidentifikasi elemen-elemen berikut:

o   Cakupan

o   Aktivitas yang dibutuhkan

o   Perkiraan waktu untuk setiap aktivitas

o   Perkiraan biaya untuk setiap kegiatan

o   Urutan aktivitas

o   Aktivitas yang bisa berlangsung pada waktu yang bersamaan

·         Alat populer yang digunakan untuk merencanakan dan menjadwalkan hubungan waktu antara kegiatan proyek adalah bagan Gantt dan PERT.

·         Kelayakan adalah ukuran seberapa cocok pengembangan suatu sistem untuk organisasi

o   Kelayakan operasional

o   Jadwal kelayakan

o   Kelayakan teknis

o   Kelayakan ekonomi

·         Dokumentasi adalah pengumpulan dan peringkasan data, informasi, dan kiriman.

·         Mempertahankan dokumentasi terbaru harus menjadi bagian berkelanjutan dari pengembangan sistem.

·         Selama pengembangan sistem, anggota tim proyek mengumpulkan data dan informasi

o   Tinjau dokumentasi

o   Mengamati

o   Survei

o   Wawancara

o   Sesi JAD

o   Penelitian

·         Fase perencanaan sebuah proyek dimulai ketika panitia pengarah menerima permintaan proyek

·         Empat aktivitas utama dilakukan:

o   Tinjau dan setujui permintaan proyek

o   Prioritaskan permintaan proyek

o   Alokasi sumber daya

o   Bentuk tim pengembangan proyek

·         Fase analisis terdiri dari dua aktivitas utama

o   Lakukan investigasi awal

o   Lakukan analisis mendetail

·         Lakukan investigasi awal

o   Menentukan sifat sebenarnya dari masalah atau perbaikan

o   Wawancarai pengguna yang mengirimkan permintaan

 

·         Lakukan analisis mendetail

o   Pelajari bagaimana sistem saat ini bekerja

o   Tentukan keinginan, kebutuhan, dan persyaratan pengguna

o   Rekomendasikan solusi

·         Proposal sistem menilai kelayakan setiap alternatif solusi

·         Komite pengarah membahas proposal sistem dan memutuskan yang mana alternatif untuk dikejar

o   Ubah sistem yang ada

o   Beli perangkat lunak eceran

o   Gunakan aplikasi web

o   Bangun Perangkat Lunak Kustom

o   Alih Daya

·         Fase desain terdiri dari dua aktivitas utama

o   Dapatkan perangkat keras dan perangkat lunak

o   Kembangkan semua detail dari sistem informasi baru atau yang dimodifikasi

·         Untuk memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan

o   Identifikasi spesifikasi teknis

o   Minta proposal vendor

o   Uji dan evaluasi proposal vendor

o   Membuat sebuah keputusan

·         Langkah selanjutnya adalah mengembangkan spesifikasi desain terperinci

o   Desain database

o   Desain input dan output

o   Desain program

·         Analis sistem biasanya mengembangkan dua jenis desain untuk setiap masukan dan keluaran

o   Maket

o   Bagan tata letak

·         Prototipe (bukti konsep) adalah model kerja dari fungsionalitas penting sistem yang diusulkan

·         Tujuan dari tahap implementasi adalah untuk membangun sistem baru atau yang dimodifikasi dan kemudian mengirimkannya ke pengguna

o   Kembangkan program dan aplikasi

o   Instal dan uji sistem baru

o   Latih pengguna

o   Ubah ke sistem baru

·         Berbagai pengujian harus dilakukan pada sistem baru

o   Tes unit

§  memverifikasi bahwa setiap program atau objek bekerja dengan sendirinya

o   Pengujian sistem

§  memverifikasi bahwa semua program dalam aplikasi bekerja sama dengan baik

o   Uji integrasi

§  memverifikasi bahwa suatu aplikasi berfungsi dengan aplikasi lain

o   Memeriksa sistem baru

§  untuk memastikannya berfungsi data actual

 

·         Pelatihan melibatkan menunjukkan kepada pengguna secara tepat bagaimana mereka akan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak baru dalam sistem

o   Sesi satu lawan satu

o   Ceramah bergaya kelas

o   Pelatihan berbasis web

·         Satu atau lebih dari empat strategi konversi dapat digunakan untuk mengubah dari sistem lama ke sistem baru

o   Konversi langsung

o   Konversi paralel

o   Konversi bertahap

o   Konversi percontohan

·         Tujuan dari tahap support and security adalah untuk memberikan bantuan yang berkelanjutan untuk sistem informasi dan penggunanya setelah sistem diimplementasikan.

o   Lakukan aktivitas perawatan >> Pantau kinerja sistem >> Nilai keamanan sistem

 

Bahasa dan Alat Pengembangan Aplikasi

·         Bahasa pemrograman adalah sekumpulan kata, singkatan, dan simbol yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengkomunikasikan instruksi ke komputer atau perangkat seluler.

·         Alat pengembangan aplikasi menyediakan cara untuk membuat, mendesain, mengedit, menguji, dan mendistribusikan program dan aplikasi.

·         Dalam bahasa prosedural, pemrogram menulis instruksi menggunakan kata-kata seperti bahasa Inggris yang memberi tahu komputer apa yang harus diselesaikan dan bagaimana melakukannya.

·         Bahasa pemrograman C digunakan untuk menulis banyak program hari ini.

·         Kompilator mengubah seluruh program sumber ke bahasa mesin sebelum mengeksekusinya.

·         Seorang juru bahasa menerjemahkan dan menjalankan satu instruksi pada satu waktu.

·         Bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) memungkinkan pengembang sistem untuk mengimplementasikan objek dalam suatu program.

o   Objek dapat digunakan kembali

o   Buat aplikasi pengembang lebih cepat

o   Kebanyakan alat pengembangan aplikasi berorientasi objek adalah IDE

·         Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems.

·         C ++ merupakan perpanjangan dari bahasa pemrograman C.

o   Fitur tambahan untuk bekerja dengan objek

·         Visual Studio adalah rangkaian alat pengembangan aplikasi berorientasi objek dari Microsoft yang membantu pengembang perangkat lunak dalam membangun program dan aplikasi untuk Windows atau sistem operasi apa pun yang mendukung Microsoft .NET Framework

·         4GL (bahasa generasi keempat) adalah bahasa nonprocedural yang memungkinkan pengguna dan pengembang perangkat lunak mengakses data dalam database

o   Salah satu 4GL yang populer adalah SQL

 

 

·         Bahasa pemrograman klasik meliputi:

o   DASAR

o   COBOL

o   FORTRAN

o   RPG

·         Generator aplikasi adalah program yang membuat kode sumber atau kode mesin dari spesifikasi fungsionalitas yang diperlukan

o   Sering digabungkan sebagai bagian dari DBMS

·         Makro adalah serangkaian pernyataan yang menginstruksikan program atau aplikasi tentang cara menyelesaikan tugas

·         Anda biasanya membuat makro dengan salah satu dari dua cara berikut:

o   Rekam makro

o   Tulis makro

·         HTML adalah bahasa pemformatan khusus yang digunakan pengembang perangkat lunak untuk memformat dokumen untuk ditampilkan di web.

·         XML memungkinkan pengembang web untuk membuat tag yang menggambarkan struktur informasi

·         WML adalah bagian dari XML dan digunakan untuk mendesain halaman khusus untuk browser mikro

·         Pengembang perangkat lunak menulis skrip, applet, servlet, atau kontrol ActiveX menggunakan berbagai bahasa


No comments:

Post a Comment