(sumber gambar: miro.medium.com)
Apa
itu Input
·
Input adalah setiap data dan
instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer
·
Metode masukan yang umum
digunakan meliputi:
o
Keyboard
o
Perangkat penunjuk
o
Layar sentuh
o
Masukan pena
o
Masukan gerak
o
Masukan suara
o
Masukan video
o
Perangkat pemindai dan pembaca
Keyboard
·
Keyboard adalah perangkat input
yang berisi tombol yang ditekan pengguna untuk memasukkan data dan instruksi ke
komputer atau perangkat seluler.
·
Most desktop computer keyboards
have one numeric keypad with 17 keys on the PC and 18 keys on Apple keyboards.
·
Ada berbagai opsi papan ketik
untuk komputer dan perangkat seluler:
o
Built in keyboard laptop
o
Clip on tablet keyboard
o
On screen keyboard
·
Keyboard ergonomis memiliki
desain yang mengurangi kemungkinan cedera tegang berulang pada pergelangan
tangan dan tangan.
·
Ergonomi menggabungkan
kenyamanan, efisiensi, dan keamanan dalam desain tempat kerja.
Perangkat
penunjuk
·
Mouse adalah alat penunjuk yang
pas di bawah telapak tangan Anda dengan nyaman:
o
Optical mouse
o
Laser mouse
o
Touch mouse
Touch
Screens
·
Touch screen adalah tampilan
sensitif sentuhan
Pen
Input
·
Dengan input pena, Anda
menyentuh stylus atau pena digital pada permukaan datar untuk menulis,
menggambar, atau membuat pilihan.
·
Tablet grafis, juga disebut
digitizer, adalah papan plastik elektronik yang mendeteksi dan mengubah gerakan
gaya atau pena digital menjadi sinyal yang dikirim ke komputer.
Perangkat
Masukan Gerak, Suara, dan Video
·
Dengan input gerakan, terkadang
disebut pengenalan gerakan, pengguna dapat memandu elemen di layar menggunakan
gerakan udara.
·
Masukan suara adalah proses
memasukkan masukan dengan berbicara ke mikrofon.
·
Pengenalan suara, juga disebut
pengenalan ucapan, adalah kemampuan komputer atau perangkat seluler untuk
membedakan kata-kata yang diucapkan.
·
Input audio adalah proses
memasukkan suara apa pun ke komputer seperti ucapan, musik, dan efek suara.
·
Software produksi musik
memungkinkan pengguna untuk merekam, membuat, mencampur, dan mengedit musik dan
suara.
·
Video input adalah proses
mengambil gambar gerak penuh dan menyimpannya di komputer atau media
penyimpanan perangkat seluler
·
Webcam adalah jenis kamera DV
yang memungkinkan pengguna untuk:
·
Konferensi video adalah
pertemuan antara dua orang atau lebih yang terpisah secara geografis.
Perangkat
pemindai dan pembaca
·
Scanner adalah perangkat input
penginderaan cahaya yang membaca teks dan grafik yang dicetak dan kemudian
menerjemahkan hasilnya ke dalam bentuk yang dapat diproses komputer.
o
Scanner alas datar bekerja
dengan cara yang mirip dengan mesin fotokopi kecuali ia membuat file dokumen
dalam memori, bukan salinan kertas.
·
Pembaca optik adalah perangkat
yang menggunakan sumber cahaya untuk membaca karakter, tanda, dan kode dan
kemudian mengubahnya menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.
o
Optical character recognition
(OCR)
o
Optical mark recognition (OMR)
·
Pembaca kode batang, juga
disebut pemindai kode batang, menggunakan sinar laser untuk membaca kode batang
·
QR code menyimpan informasi
baik dalam arah vertikal maupun horizontal.
·
RFID (Radio Frequency
Identification) menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang
ditempatkan atau dilampirkan ke suatu objek.
·
Pembaca RFID membaca informasi
pada tag melalui gelombang radio.
·
Pembaca magstripe membaca strip
magnet di bagian belakang kartu seperti:
o
Kartu kredit
o
Kartu debit
o
Dan lain lain
·
MICR (Magnetic Ink Character
Recognition) membaca teks yang dicetak dengan tinta magnet.
·
Pembaca MICR mengubah karakter
MICR menjadi bentuk yang dapat diproses computer.
·
Industri perbankan menggunakan
MICR untuk pemrosesan cek.
·
Perangkat pengumpulan data
memperoleh data secara langsung di lokasi tempat transaksi atau peristiwa
terjadi.
Apa
itu output?
·
Output adalah data yang telah
diolah menjadi bentuk yang berguna.
Layar
·
Tampilan secara visual
menyampaikan informasi teks, grafik, dan video.
·
Monitor adalah tampilan yang
dikemas sebagai perangkat periferal terpisah
o
Layar LCD
o
Layar LED
·
Monitor saat ini menggunakan
sinyal digital untuk menghasilkan gambar
·
Untuk menampilkan gambar dengan
kualitas terbaik, monitor harus dihubungkan ke:
o
DVI port
o
HDMI port
o
Display port
·
Pengguna rumahan terkadang
menggunakan televisi digital (DTV) sebagai tampilan
·
HDTV adalah bentuk televisi
digital paling canggih.
·
Smart TV adalah HDTV
berkemampuan Internet.
Printer
·
Printer menghasilkan teks dan
grafik pada media fisik.
·
Sebelum membeli printer,
tanyakan pada diri Anda serangkaian pertanyaan
·
Printer non-impact membentuk
karakter dan grafik pada selembar kertas tanpa benar-benar menyentuh kertas.
·
Printer ink-jet membentuk
karakter dan grafik dengan menyemprotkan tetesan kecil tinta cair ke selembar
kertas:
o
Berwarna atau hitam-putih
o
Kecepatan diukur dengan jumlah
halaman per menit (ppm) yang dapat dicetaknya
·
Printer all-in-one adalah satu
perangkat yang mencetak, memindai, menyalin, dan dalam beberapa kasus, mengirim
faks
o
Disebut juga printer multi
fungsi
·
Printer 3D menggunakan proses
yang disebut manufaktur aditif untuk membuat objek dengan menambahkan material
ke objek tiga dimensi, satu lapisan horizontal dalam satu waktu.
·
Printer Termal menghasilkan
gambar dengan mendorong pin yang dipanaskan secara elektrik ke kertas yang peka
panas.
·
Printer seluler adalah printer
kecil, ringan, bertenaga baterai yang memungkinkan pengguna seluler untuk
mencetak dari perangkat seluler.
·
Printer label adalah printer
kecil yang mencetak pada bahan jenis perekat yang dapat ditempatkan pada
berbagai barang.
·
Plotter digunakan untuk
menghasilkan gambar berkualitas tinggi.
·
Printer format besar
menghasilkan cetakan berwarna dengan kualitas foto-realistis.
·
Impact Printers membentuk
karakter dan grafik pada selembar kertas dengan cara menekan mekanisme pada
pita bertinta yang secara fisik menyentuh kertas.
Perangkat
output lainnya
·
Banyak pengguna memasang
speaker suara surround atau sistem speaker ke komputer, konsol game, dan
perangkat seluler mereka untuk menghasilkan suara dengan kualitas lebih tinggi.
·
Headphone adalah speaker yang
menutupi atau diletakkan di luar telinga.
·
Earbud (juga disebut earphone)
terletak di dalam liang telinga.
·
Proyektor data adalah perangkat
yang memproyeksikan teks dan gambar yang ditampilkan di komputer atau layar
perangkat seluler pada layar yang lebih besar sehingga audiens dapat melihat
gambar dengan jelas.
·
Papan tulis interaktif adalah
perangkat peka sentuhan, menyerupai papan penghapus kering, yang menampilkan
gambar di layar komputer yang terhubung.
·
Joystick, roda, gamepad, dan
pengontrol game sensor gerak dapat dianggap sebagai perangkat keluaran jika
menyertakan umpan balik gaya.
o
Teknologi yang mengirimkan
resistansi ke perangkat sebagai respons atas tindakan pengguna.
Input
dan Output Teknologi Pendukung
·
Head Mounted Pointer
·
Printer braille
Printer khusus yang
diperuntukan mencetak tulisan agar bisa dibaca oleh pengguna yang memiliki
gangguan pengelihatan.
No comments:
Post a Comment