Input dan Output


 


(sumber gambar: miro.medium.com)


Apa itu Input

·         Input adalah setiap data dan instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer

·         Metode masukan yang umum digunakan meliputi:


o   Keyboard

o   Perangkat penunjuk

o   Layar sentuh

o   Masukan pena

o   Masukan gerak

o   Masukan suara

o   Masukan video

o   Perangkat pemindai dan pembaca


 

Keyboard

·         Keyboard adalah perangkat input yang berisi tombol yang ditekan pengguna untuk memasukkan data dan instruksi ke komputer atau perangkat seluler.

·         Most desktop computer keyboards have one numeric keypad with 17 keys on the PC and 18 keys on Apple keyboards.

·         Ada berbagai opsi papan ketik untuk komputer dan perangkat seluler:

o   Built in keyboard laptop

o   Clip on tablet keyboard

o   On screen keyboard

·         Keyboard ergonomis memiliki desain yang mengurangi kemungkinan cedera tegang berulang pada pergelangan tangan dan tangan.

·         Ergonomi menggabungkan kenyamanan, efisiensi, dan keamanan dalam desain tempat kerja.

Perangkat penunjuk

·         Mouse adalah alat penunjuk yang pas di bawah telapak tangan Anda dengan nyaman:

o   Optical mouse

o   Laser mouse

o   Touch mouse

 

Touch Screens

·         Touch screen adalah tampilan sensitif sentuhan

 

Pen Input

·         Dengan input pena, Anda menyentuh stylus atau pena digital pada permukaan datar untuk menulis, menggambar, atau membuat pilihan.

·         Tablet grafis, juga disebut digitizer, adalah papan plastik elektronik yang mendeteksi dan mengubah gerakan gaya atau pena digital menjadi sinyal yang dikirim ke komputer.

 

Perangkat Masukan Gerak, Suara, dan Video

·         Dengan input gerakan, terkadang disebut pengenalan gerakan, pengguna dapat memandu elemen di layar menggunakan gerakan udara.

·         Masukan suara adalah proses memasukkan masukan dengan berbicara ke mikrofon.

·         Pengenalan suara, juga disebut pengenalan ucapan, adalah kemampuan komputer atau perangkat seluler untuk membedakan kata-kata yang diucapkan.

·         Input audio adalah proses memasukkan suara apa pun ke komputer seperti ucapan, musik, dan efek suara.

·         Software produksi musik memungkinkan pengguna untuk merekam, membuat, mencampur, dan mengedit musik dan suara.

·         Video input adalah proses mengambil gambar gerak penuh dan menyimpannya di komputer atau media penyimpanan perangkat seluler

·         Webcam adalah jenis kamera DV yang memungkinkan pengguna untuk:

·         Konferensi video adalah pertemuan antara dua orang atau lebih yang terpisah secara geografis.

 

Perangkat pemindai dan pembaca

·         Scanner adalah perangkat input penginderaan cahaya yang membaca teks dan grafik yang dicetak dan kemudian menerjemahkan hasilnya ke dalam bentuk yang dapat diproses komputer.

o   Scanner alas datar bekerja dengan cara yang mirip dengan mesin fotokopi kecuali ia membuat file dokumen dalam memori, bukan salinan kertas.

 

·         Pembaca optik adalah perangkat yang menggunakan sumber cahaya untuk membaca karakter, tanda, dan kode dan kemudian mengubahnya menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.

o   Optical character recognition (OCR)

o   Optical mark recognition (OMR)

·         Pembaca kode batang, juga disebut pemindai kode batang, menggunakan sinar laser untuk membaca kode batang

·         QR code menyimpan informasi baik dalam arah vertikal maupun horizontal.

·         RFID (Radio Frequency Identification) menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan ke suatu objek.

·         Pembaca RFID membaca informasi pada tag melalui gelombang radio.

·         Pembaca magstripe membaca strip magnet di bagian belakang kartu seperti:

o   Kartu kredit

o   Kartu debit

o   Dan lain lain

·         MICR (Magnetic Ink Character Recognition) membaca teks yang dicetak dengan tinta magnet.

·         Pembaca MICR mengubah karakter MICR menjadi bentuk yang dapat diproses computer.

·         Industri perbankan menggunakan MICR untuk pemrosesan cek.

·         Perangkat pengumpulan data memperoleh data secara langsung di lokasi tempat transaksi atau peristiwa terjadi.

 

 

Apa itu output?

·         Output adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna.

 

Layar

·         Tampilan secara visual menyampaikan informasi teks, grafik, dan video.

·         Monitor adalah tampilan yang dikemas sebagai perangkat periferal terpisah

o   Layar LCD

o   Layar LED

·         Monitor saat ini menggunakan sinyal digital untuk menghasilkan gambar

·         Untuk menampilkan gambar dengan kualitas terbaik, monitor harus dihubungkan ke:

o   DVI port

o   HDMI port

o   Display port

·         Pengguna rumahan terkadang menggunakan televisi digital (DTV) sebagai tampilan

·         HDTV adalah bentuk televisi digital paling canggih.

·         Smart TV adalah HDTV berkemampuan Internet.

Printer

·         Printer menghasilkan teks dan grafik pada media fisik.

·         Sebelum membeli printer, tanyakan pada diri Anda serangkaian pertanyaan

·         Printer non-impact membentuk karakter dan grafik pada selembar kertas tanpa benar-benar menyentuh kertas.

·         Printer ink-jet membentuk karakter dan grafik dengan menyemprotkan tetesan kecil tinta cair ke selembar kertas:

o   Berwarna atau hitam-putih

o   Kecepatan diukur dengan jumlah halaman per menit (ppm) yang dapat dicetaknya

·         Printer all-in-one adalah satu perangkat yang mencetak, memindai, menyalin, dan dalam beberapa kasus, mengirim faks

o   Disebut juga printer multi fungsi

·         Printer 3D menggunakan proses yang disebut manufaktur aditif untuk membuat objek dengan menambahkan material ke objek tiga dimensi, satu lapisan horizontal dalam satu waktu.

·         Printer Termal menghasilkan gambar dengan mendorong pin yang dipanaskan secara elektrik ke kertas yang peka panas.

·         Printer seluler adalah printer kecil, ringan, bertenaga baterai yang memungkinkan pengguna seluler untuk mencetak dari perangkat seluler.

·         Printer label adalah printer kecil yang mencetak pada bahan jenis perekat yang dapat ditempatkan pada berbagai barang.

·         Plotter digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

·         Printer format besar menghasilkan cetakan berwarna dengan kualitas foto-realistis.

·         Impact Printers membentuk karakter dan grafik pada selembar kertas dengan cara menekan mekanisme pada pita bertinta yang secara fisik menyentuh kertas.

 

Perangkat output lainnya

·         Banyak pengguna memasang speaker suara surround atau sistem speaker ke komputer, konsol game, dan perangkat seluler mereka untuk menghasilkan suara dengan kualitas lebih tinggi.

·         Headphone adalah speaker yang menutupi atau diletakkan di luar telinga.

·         Earbud (juga disebut earphone) terletak di dalam liang telinga.

·         Proyektor data adalah perangkat yang memproyeksikan teks dan gambar yang ditampilkan di komputer atau layar perangkat seluler pada layar yang lebih besar sehingga audiens dapat melihat gambar dengan jelas.

·         Papan tulis interaktif adalah perangkat peka sentuhan, menyerupai papan penghapus kering, yang menampilkan gambar di layar komputer yang terhubung.

·         Joystick, roda, gamepad, dan pengontrol game sensor gerak dapat dianggap sebagai perangkat keluaran jika menyertakan umpan balik gaya.

o   Teknologi yang mengirimkan resistansi ke perangkat sebagai respons atas tindakan pengguna.

 

Input dan Output Teknologi Pendukung

·         Head Mounted Pointer

·         Printer braille

Printer khusus yang diperuntukan mencetak tulisan agar bisa dibaca oleh pengguna yang memiliki gangguan pengelihatan.


No comments:

Post a Comment