UTS


 




1.       A. Perangkat input atau masukan adalah perangkat keras untuk memasukan data perintah kedalam komputer bisa berupa gerakan, gambar, suara, ataupun text.

Contohnya :

·         Joystick : perangkat input berupa stick yang biasanya digunakan untuk bermain game.

·         Microphone : perangkat input yang digunakan untuk memasukan suara kedalam komputer.

·         Tablet gambar : perangkat input yang kegunaannya hampir sama seperti penunjuk bedanya perangkat ini dikhususkan untuk menggambar.

·         Mouse : perangkat input penunjuk yang ada dibawah telapak tangan.

·         Keyboard : perankat input berupa papan yang berisi sekumpulan tombol yang berbeda dan disetiap tombol memiliki kunci atau data yang berbeda dan akan dimasukan kedalam komputer.

 

B.                      Perangkat output atau keluaran adalah perangkat keras untuk mengeluarkan data atau perintah   dari perangkat input setelah diproses dikomputer.

Contohnya :

·         Speaker : perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari komputer.

·         Display atau layar : perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan gambar dari komputer.

·         Printer : perangkat keras yang digunakan untuk mencetak teks, objek, gambar atau grafik dari komputer.

 

C.      Unit komputer atau system unit adalah suatu rangka himpunan yang berisi komponen komponen perangkat keras penting yang digunakan untuk memperoses dan agar komputer berjalan lancar.

Contohnya :

·         Processor : atau dikenal juga sebagai otak komputer adalah sebuah pernagkat keras inti yang digunakan untuk mengatur keseluruhan system operasi baik itu software ataupun hardwarde dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu Control unit, memori unit, arithmetic logical unit.

·         Memory atau RAM (Random Access Memory) : adalah perangkat keras berupa memori yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara.

·         Hard disk : perangkat keras untuk menyimpan suatu data didalam komputer dalam jumlah yang banyak.

 

D.      Storage device adalah tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan media atau data berupa digital pada komputer baik itu portable ataupun tetap.

Contohnya :

·         Hard disk (HDD)

·         Solid State Disk (SSD)

·         Flash Disk

·         SD-Card

 

E.       Communication device adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengirim data melalui kabel atatupun jaringan seluler radio ke komputer lain.

Contohnya

·         Modem

·         Bluetooth

·         WLAN

 

2.       Green Computing atau komnputasi hijau adalah perilaku untuk menggunakan komputer secara efisien yang disesuaikan dengan linkungan hidup saat ini dengan cara merawan dan memperpanjang perangkat keras.

 

3.       Kategori komputer

 

·         Desktop adalah komputer pribadi yang digunakan hanya bisa di satu tempat dan antara layar dan cpu terpisah.

·         Tablet adalah komputer portable yang ringan dan bisa dibawa kamana saja. Bentuk umumnya seperti buku.

·         All in one adalah komputer pribadi yang hanya bisa digunakan di satu tempat dan sudah tergabung menjadi satu antara layar dan cpu.

·         Server adalah komputer yang dikhususkan untuk mengirim atau menerima permintaan ke komputer lain melalui jaringan internet.

 

4.       DNS atau domain name system adalah penamaan atau pengubahan suatu domain website menjadi Internet Protocol Address (IP Address).

 

5.       IP address atau Internet Protocol Address adalah nomor biner atau identitas numerik yang ditetapkan di perangkat keras yang dilengkapi jaringan agar bisa saling berhubungan.

 

6.       DNS membantu mengubah ip address menjadi sebuah nama, tanpa DNS anda harus mengetik semua nomor website dengan lengkap. Setiap komputer memiliki ip address. Tugas DNS adalah membantu memetakan dan mengubah ip addres menjadi sebuah huruf alphabet yang kemudian akan disimpan pada sebuah host.

 

7.        GTLD (Generic Top Level Domain) adalah domain yang bersifat komersial (bisa digunakan untuk pendidikan , militer, dan pemerintahan) dan pada umumnya ekstensi yang digunakan adalah .com ataupun .net.
Contohnya :

·         www.michigan.gov untuk domain pemerintahan.

·         www.academia.edu untuk domain pendidikan.

·         www.marines.mil untuk domain militer.

 

8.       CcTLD (Country code Top Level Domain) adalah domain yang hanya diperuntukan untuk negara masing masing, dan ekstensi nya diambil dari kode ISO dari negara tersebut.
Contohnya :

·         www.sonora.id untuk domain bernegara Indonesia.

·         www.sgnic.sg untuk domain bernegara Singapore.

·         www.carused.jp untuk domain bernegara Japan.

 

9.       GTLD diperuntukan untuk komersial sedangkan CcTLD hanya diperuntukan untuk negara masing masing.

 

10.   Negara negara:


·         Indonesia

·         Amerika

·         Jepang

·         Rusia

·         China

·         Malaysia

·         Singapur

·         Argentina

·         Jerman

·         Prancis

·         Dan lain - lain


 

GTLD adalah domain yang bisa dipakai disemua negara yang sudah memiliki akses internet karena domain ini bersifat komersial dan bisa digunakan oleh siapa saja.

 

11.   WWW. (World Wide Web) atau bisa disebut web, adalah system informasi dimana sumber daya lainnya di identifikasi oleh Uniform Resource Locators, yang dapat dihubungkan oleh hypertext, dan dapat diakses melalui Internet.

 

12.   Browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membuka, melihat dan menjelajah berabagai konten yang ada di website yang terkoneksi internet.

 

Fungsinya :

·         Membuka Website.

·         Menjamin keamanan situs yang dikunjungi.

·         Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan.

·         Mengubah teks script menjadi grafik, gambar ataupun teks biasa.

Nama - nama browser


·         Netscape Navigator

·         SeaMonkey

·         K-Meleon

·         Conkeror

·         Internet Explorer

·         Opera

·         Firefox

·         Safari

·         Google Chrome

·         Microsoft Edge


 

13.   Searching adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan mengetik teks pada mesin pencarian yang bertujuan menemukan gambar atau informasi yang dicari.


Browsing adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari, mengirim, membuat dan mengetahui informasi yang baru ataupun yang lama contohnya mengirim email, membaca berita.

 

Surfing adalah kegiatan yang dilakukan untuk bersenang senang mencari hiburan di internet

Contohnya membuka sosial media ataupun menonton video yang menghibur.

 


No comments:

Post a Comment